Senin, 09 Maret 2009

Sustainibillty of Duta Wacana



Dalam kehidupan kita sehari-hari kita tidak asing dengan istilah adaptasi. Adalah makluk hidup yang dalam tiap waktu selalu melakukan apa yang disebut adaptasi untuk terus melestarikan keturunannya. Apakah dalam ranah Arsitektur, adaptasi juga dilakukan? Menanggapi pertanyaan ini, dosen saya menerangkan tentang Sustainability dalam Arsitektur dalam mata kuliah Teori Arsitektur. Bangunan dapat berubah karena pengaruh dari penghuninya. hal lain yang mempengaruhi adalah masalah Waktu, Aktivitas, Persepsi, dan Elemen Fisiknya. Untuk menanggapi masalah ini, Dosen saya memberi permasalahan tentang Universitas saya Duta Wacana, Apakah Duta Wacana dapat Sustain atau tidak?
Bagi saya, Duta Wacana akan tetap Sustain.

Perception
Dalam realitanya salah satu aspek yang membuat Duta Wacana sustain adalah Persepsi bangunan ini sebagai sebuah Universitas.
Untuk saat ini Duta wacana telah memiliki beberapa Fakultas, yaitu:
  1. Fakultas theologi
  2. Fakultas Teknik Arsitektur
  3. Fakultas Teknik Informatika
  4. Fakultas Teknik Sistem Informatika
  5. Fakultas Desain Produk
  6. Fakultas Ekonomi Manajemen
  7. Fakultas Ekonomi Akuntansi
Dilihat dari asal mula Universitas ini dari Sekolah tinggi theology hinnga saat ini menjadi sebuah Universitas dengan tujuh fakultas, adalah salah satu contoh perkembangan yang bagus. Sehinnga dalam tujuannya, universitas ini telah membantu negeri ini dalam bidang pendidikan

Bentuk fisik dan Aktivitas
Meski saya belum merasakan gedung Agape yang lama, tetapi saya berpendapat bahwa Duta Wacana telah melakukan adaptasi. Sebagai Universitas terbaik di negeri ini sudah selayaknya Duta Wacan melakukan perkembangan, terlebih dengan dibangunnya Gedung agape. Selain itu penambahan Fasilitas seperti:
  • AC
  • Lab komputer
  • Lab Desain Produk
  • ATM
  • Mesin cetak KHS, KRS, Daftar Nilai Mahasiswa
Belum lagi pembenahan Perpustakaan yang belum lama ini dilakukan. Inilah beberapa contoh yang menyatakan bahwa Universitas ini sedang dalam tahap berkembang untuk mewujudkan Sebuah Pabrik Sarjana yang akan terus bertahan.

Waktu
Jika ditinjau dari perkembangan yang telah dilakukan, Universitas ini dapat terus bertahan. Teknologi yang semakin dibenahi seperti mesin cetak nilai yang baru dibuat dengan sistem Touch Screne, Pembayaran dan sistem registrasi yang serba On Line merupakan aktivitas Universitas yang mengarah pada kegiatan Adaptasi.

Selain aspek-aspek diatas, kelangsungan Universitas ini juga dipengaruhi oleh Lingkungan disekitarnya. Seperti:
  • Warung
  • Kost disekitar Duta Wacana
  • RS Bethesda
  • SMA-SMA (Bopkri1 & 2, SMA 9)
  • Galeria Mall
  • Stasiun Lempuyangan
  • Shelter Trans Jogja
Bagi saya, semua fasilitas yang ada membuat Duta Wacana memiliki tempat yang strategis. Bagi para mahasiswanya, tersedia tempat kost yang beraneka ragam didaerah Universitas, Warung makan yang bervariasi, jalur Transportasi yang mudah baik melalui Trans Jogja maupun Bis dalam kota, belum lagi stasiun Lempuyangan yang menyediakan tranportasi bai mahasiswa dari luar jogja. Jika ada yang sakit tersedia RS Bethesda dan jika ada yang menyukai shooping tersedia Galeria Mall

Dengan ada semua aspek-aspek ini saya semakin mantap bahwa Universitas Kristen Duta Wacana merupakan sebuah karya Arsitektur yang memiliki karakter Sustainabillity yang kuat kedepannya..



Tidak ada komentar: