Jumat, 12 Desember 2008

Tipe-Tipe Ruang

Dalam mata kuliah Teori Arsitektur, Bu. Imel membahas tentang Tipe-tipe ruang. Dan pada saat TTS ada tuags bagi saya untuk mendefinisikan Tipe-tipe ruang.
Berikut ini Definisi tipe-tipe ruang dan contoh-contoh ruang disekitar Universitas Kristen Duta Wacana:


Tipe 1 ( Ruang Linier)

Tipe ruang yang pertama adalah Ruang Linier. Tipe ruang ini adalah tipe yang memiliki punggung dan muka yang sejajar dan dapat diperpanjang kearah samping tanpa merubah karakter ruang itu sendiri.
Contoh Ruang linier pada Universitas Duta Wacana adalah lorong Gedung Didaktos. Lorong ini berbentuk memanjang kesamping, muka dan punggung lorong ini sejajar dan dimensi ruangnya pun sama.


Tipe 2 (Ruang Radial

Tipe ruang yang kedua adalah Ruang Radial. Ruang ini menghasilkan ruang yang memancar keluar dan membiarkan pusat ruang itu menjadi tempat yang tidak dapat dijangkau atau aksessible. Oleh sebab itu, ciri dari ruang ini adalah ruang yang membiarkan tepi-tepinya diakses atau dijangkau oleh apresiator sedangkan pusat ruang ini merupakan ruang aksesible. Jadi tipe ruang seperti ini memiliki tiga sisi muka dimana muka ini emutari punggung ruang tersebut.
Contoh Ruang Radial pada Universitas Duta Wacana adalah Ruang Kaca pada Gedung Agape. Ruang Kaca ini memiliki tiga wajah yang dapat diakses oleh pengunjung atau apresiator yaitu sisi kanan, kiri dan depan. Sedangkan punggung ruang ini terbentuk karena adanya dinding pada ruangan ini. Dinding inilah yang disebut aksessible


Tipe 3 (Tipe Sentral)

Tipe ruang yang ketiga adalah Ruang Sentral. Tipe ruang ini dapat dikatakn sebagai kebalikan dari tipe radial. Karena, punggung ruang ini justru berada di bagian luar dan wajah ruang ini justru berada didalam yang membuat aktivitas apapun terpusat didalamnya. Karena ciri inilah, tipe ruang ini disebut Ruang Sentral.Tipe Ruang Sentral sama seperti sebuah stadion, dimana yang berkepentingan didalamnya saja yang mengetahui kegiatan didalamnya sedangkan yang berada diluar stadion tidak menimbulakn dampak apapun terhadap kegiatan didalam stadion.
Contoh Ruang Sentral pada Universitas Duta Wacana adalah Gedung Auditorium. Dimana orang yang berada diluar gedung ini tidak ada sangkut pautnya terhadap kegiatan didalam auditorium.


Tipe 4

Tipe ini merupakan intensifikasi ruang dari tipe tiga. Dengan memberi naungan payung yang menyedot ruang itu kepadanya. Jadi tipe ruang seperti ini memiliki punggung di bagian tengah dan muka tipe ini mengitari punggung tersebut.
Contoh dari tipe empat adalah pohon yang ada didepan ruang Auditorium, diaman jika kita duduk melingkari pohon itu maka pohon ini menjadi punggung kita dan muka ruang ini adalah apa yang dapat kita lihat jika kita menjadikan pohon sebagai punggung kita.


Bagaimana cara menghentikan tipe ruang linier?
Ada beberapa cara untuk merubah Ruang Linier menjadi ruang tipe lain, yaitu seperti contoh dibawah ini:
• Pertama adalah merubah tipe ini menjadi tipe ruang lain. Contonya adalah jika kita berjalan pada sebuah lorong dan ternyata diujung lorong itu terdapat sebuah pertigaan maka dengan sendirinya lorong itu akan berubah tipe.
• Kedua adalah dengan memberi pembatas pada ruang itu. Dengan contoh, jika kita berjalan pada sebuah gang dan ternyata gang tersebut adalah gang buntu maka tipe ini akan berhenti karena adanya pembatas yang menghentikan kita untuk mengaksesnya.
• Ketiga adalah dengan memberi ornamen pada Ruang Linier tersebut. Sebagai contohnya ketika kita berjalan ditaman. Saat berjalan dijalan yang lurus kita menemukan bundaran didepan kita yang berupa taman atau terdapat sebuah kolam, maka tipe ruang itu akan berubah karena adanya taman atau kolam tersebut.
• Keempat adalah karena adanya perubahan dimensi ruang. Saat kita berjalan di Kauman misalnya, kita memasuku jaln yang hanya dapat diakses oleh dua orang saja ternyata diujung jalan tersebut dimensi jalan itu menjadi melebar. Maka nuansa jalan itu akan berunah dengan sendirinya, dapat karena intensitas cahaya yang bertambah atau bisa juga karena tempat kita berjalan menjadi semakin lebar.

Keterangan-keterangan diatas merupakan keterangan dan contoh-contoh ruang yang ada. Semoga apa yang telah saya tulis ini dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca sekalian

Tuhan Yesus Memberkati

Tidak ada komentar: